Open Mind Tentang Greencamp (Kemping)

Tentang Greencamp SAsi.

Kemping usia dini begitulah orang akan menyebutnya, karena anak-anak usia 6 dan 7 tahun harus menginap selama satu malam di kawasan bumi perkemahan di kaki gunung salak.

Inilah yang terjadi di SAsi (Sekolah Alam Bekasi), kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dan kegiatan tahunan sebelum siswa naik kelas ke jenjang selanjutnya. Kegiatan yang akan memberikan pengalaman baru bagi peserta didik yang duduk di kelas 1 dan juga pengalaman yang baru bagi siswa kelas 2 karena kemping bersama adik kelasnya.

Pengalaman yang insya Allah akan di terima oleh peserta didik seperti harus mandiri dan jauh dari orangtua, melaukakan kegiatan secara mandiri, seperti mandi, mencuci piring dan mempersiapkan keperluan selama disana. Sedangkan untuk siswa kelas 2 hampir sama hanya tambahannya adalah mereka harus menjaga adik kelasnya. Nilai tanggung jawab dan saling menjaga serta kepemimpinan menjadi point tersendiri bagi siswa kelas 2.

Dalam kemping ini yang kami sebut Greencamp 1 para fasilitator telah mempersiapkan segala kebutuhan dan persiapan selama kemping. Seperti survei lokasi misalnya, survei lokasi yang dilakukan fasilitator bukan semata-mata hanya bayar tempat camping saja, melainkan mendeteksi lokasi-lokasi yang dianggap rawan, lalu menginap semalam di tempat lokasi tersebut untuk memastikan kondisi aman dari berbagai gangguan.

kemudian fasilitator pun merancang apa saja yang akan dilakukan, menimbang dan memilih lokasi termasuk apakah lokasi tersebut mampu di akses saat ada keadaan darurat, memastikan pusat kesehatan terdekat sebagai tempat rujukan apabila terjadi kegawatdaruratan.

Fasilitatorpun bekerjasama menyediakan mobil emergency dan tenaga medis yang handal dilapangan. Ditengah tugas harian sebagai pengajar fasilitator pun harus mengorbankan waktunya untuk mempersiapkan yang terbaik untuk kamping Seperti persiapan pengarahan kemping yang dilakukan saat rapat koordinasi. Melakukan briefing dengan wali kelasnya untuk mengetahui kondisi anak-anak yang akan kemping dan juga olahraga yang cukup agar mampu menjaga kondisi saat camping.

Kendala-kendala dilapangan seperti faktor cuaca, alam dan non teknis lainnya sudah berikan pengarahan dan plan yang terencana. Fasilitator SAsi memastika keselamatan yang pertama di utamakan.

Selamat Greencamp kepada murid dan Fasilitator.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s