Tips bagi orang tua murid sekolah Alam

 

Sekolah Alam adalah sekolah yang memiliki cara mendidik anak sesuai dengan fitrahnya, dengan misi menyiapkan pemimpin yang bertaqwa dan berilmu sehingga menjadi rahmat bagi semesta alam.

Salah satu kurikulumnya adalah akhlak dan leadership. Penerapan kurikulum tersebut melalui berbagai cara salah satunya adalah kegiatan kemping.

Kegiatan kemping di sekolah alam di tanamkan sedini mungkin sebagai contoh untuk level PAUD kemping di sekolah dan level SD di Luar sekolah yaitu di bumi perkemahan yang berada di Kaki gunung.

Kita ambil contoh adalah Sekolah Alam Bekasi ( SAsi ) yang mengadakan kegiatan camping di setiap level mulai dari PAUD, SD dan SM (Sekolah Menengah) karena hal ini adalah bagian dari kurikulum.

Sebagai konsekuensinya adalah orangtua yang menyekolahkan anaknya di sekolah alam harus mendukung setiap kegiatan yang termaktub dalam kurikulum.

Bagaimanapun juga setiap kegiatan yang di kelola oleh sekolah alam sudah dipertimbangkan dan ditakar ukurannya, sebagai orangtua siswa harus selalu siap.

Berikut ini adalah tips bagi orangtua murid yang akan melepas anaknya mengikuti kegiatan camping di gunung untuk pertama kalinya.

1. Menyakini dan memberi keahlian kepercayaan kepada ananda

Sebelum memulai camping pasti orangtua sudah mengetahui rencana tanggal camping. persiapkanlah dengan sebaik mungkin seperti membiasakan anak untuk mencuci piring dan gelas yang dipakainya, membiasakan memakai baju dan celana secara mandiri, kemudian melatih ananda mengenali barang-barangnya. Bantulah ananda saat packing agar ananda mampu dan paham, ikuti prosedur yang di berikan oleh panitia, janganlah mengurangi ataupun melebihi karena semua sudah dalam ukuran

2. Berfikirlah positif dan santai saat anak berada di tempat camping

Janganlah terbesit pikiran yang negatif atau was-was saat anak-anak berada di tempat camping, boleh percaya atau pikiran tersebut akan tersampaikan kepada anak anda. biarkan pikiran positif yang ada di benak anda, karena hal tersebut akan membuat anak anda enjoy di tempat camping.

3. Percaya kepada sekolah dan Fasilitator

Percayakan semua kegiatan ini kepada piak sekolah dan fasilitator sekolah, karena setiap kegiatan yang dilaksanakan sudah dirancang dengan seksama dan mengutamakan keselamatan. Percaya kepada fasilitator yang mengampu dan menjadi tim panitia camping, karena pada dasarnya fasilitatorpun telah banyak berkorban waktu dan tenaga serta pikiran agar peserta didiknya mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

4. Berdoa kepada Allah Subhanahuwata’ala

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28). Ingat selalu kita awali dengan doa diakhir dengan doa, selalu mengingatkan ananda untuk bertawakal kepada Allah, termasuk memberikan nasihat-nasihat bagi ananda sebelum pergi camping untuk selalu berlindung kepada Allah SWT. Serahkan semua kepada Allah, dan Insya Allah, semua akan berakhir indah.

Ayo ayah bunda siapkan metal anda, tataplah wajah ananda layaknya seorang yang akan perang dan membawa kemenangan, iringi langkah ananda kita dengan doa, dan segala bentuk perhtian ini bukan hanya saat ananda akan pergi camping saja, melainkan laksanakan setiap hari, karena ada 3 amalan yang menjadi penolong kita, pertama amal ibadah, shadaqah jariyah dan anak yang shaleh dan shalehah.

wallahu a’lam bishawab
Azis Turindra
Fasilitator SAsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s