nozzle sprinkler

sprinkler nozzle

sprinkler nozzle

yang umum diterapkan di Indonesia ada dua jenis :

a) Tipe impact head, baik yang full maupun part-circle impact sprinkler. Tipe ini di Indonesia banyak dijual untuk digunakan pada sistem irigasi lapang. Bahannya terbuat dari logam (biasanya dari kuningan dan lebih mahal harganya) dan dari plastik (ini lebih populer dan harganya lebih terjangkau). Jangkauan (radius) curahannya berkisar 10 – 20 m. Petani enggan menggunakan sprinkler yang beradius > 20 m karena harus menggunakan pompa bertekanan > 4 bar dimana pompa dengan performance seperti itu cukup mahal harganya.

b) Tipe spray head. Tipe ini umumnya digunakan untuk pembibitan diruang kaca (green house). Yang popular adalah yang terbuat dari plastik.

Perkembangan irigasi mikro, khususnya sprinkler, di lahan-lahan pertanian di Indonesia masih belum sustainable karena banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya, antara lain :

a) Adopsi teknologi irigasi yang tidak didukung dengan karakterisasi sumberdaya manusia (petani pemakai), seperti, kesiapan petani pemakai, pola pikir petani dalam menerima teknologi tersebut, intensitas penyuluhan, rasa memiliki dsb.

b) Pemilihan teknologi irigasi yang tepat. Kesesuaian teknologi irigasi terhadap sumberdaya lokasi dan disain keseluruhan sangat penting diperhatikan.

c) Pemilihan usahatani yang tepat untuk teknologi irigasi tersebut.

d) Belum adanya dukungan dari kondisi lingkungan strategis (kebijakan, perubahan lingkungan ekologi, perubahan lingkungan sosial, ketersediaan pasar untuk komoditi yang sesuai dengan usahatani beririgasi sprinkler).

e) Belum adanya dukungan finansial (kredit lunak dari Bank) karena sistem irigasi mikro memerlukan investasi yang cukup mahal.

Banyak contoh kegagalan penengembangan sistem irigasi mikro untuk skala petani di Indonesia, seperti, sand dunes di Kebumen, irigasi tetes di Gunung Kidul, irigasi mikro di Sanih, Bali, dsb.

2 Responses to “nozzle sprinkler”


  1. 1 iman Mei 24, 2011 pukul 8:00 am

    kalau boleh tau berapa harga sprinkle untuk tiap macamnya???

  2. 2 wan Juni 26, 2011 pukul 4:10 am

    dimana saya bisa membeli produk tsb…..
    02746917000


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: