Re-engginering penyuluhan pertanian

re enginering penyuluhan pertanian melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a) Identifikasi kasus
b) Identifikasi keadaan sekarang dan sebelum terjadinya kasus
c) Identifikasi masalah, peluang, dan pihak-pihak yang terkait (yang dirugikan maupun yang diuntungkan)
d) Aspek-aspek yang mendukung perubahan, oleh siapa, dan menga-pa?
e) Aspek-aspek penyebar luasan perubahan, oleh siapa, dan menga-pa?
f) Pembiayaan, dll.

Di samping itu, Qamar (2001) mengingatkan bahwa memasuki milenium baru, diperlukan:

a) Client orientation, yaitu penyuluhan yang dirancang secara khusus khusus untuk setiap kelompok-sasaran
b) Lokalitas, yaitu penyuluhan yang memperhatikan kondisi fisik dan sosial-budaya setempat yang spesifik.
c) Penerapan metoda yang efektif, berdasarkan pengalaman setem-pat.
d) Penggunaan media elektronik yang semakin luas (radio, TV, multi-media (CD), internet, dll
e) Pemanfaatan modul jarak-jauh, jika:
1) terbatasnya penyuluh dan sarana transportasi
2) bahasa mnerupakan hambatan dalam komunikasi langsung
3) sumberdaya penyuluhan sangat menurun
4) kondisi geografi tidak memungkinkan
5) terdapat kendala budaya (tabu) dalam pelaksaanaan kunjung-an
f) kerjasama dengan kegiatan penyampaian pesan non-pertanian.
g) pengembangan penyuluhan partisipatip
h) keterpaduan antar disiplin keilmuan
i) Penilaian dampak dan manfaat kegiatan penyuluhan
j) Peningkatan peran dalam pembangunan (keluarga) yang berkelanjutan

Iklan

3 Comments Add yours

    1. Azis Turindra berkata:

      terima kasih telah berkunjung

  1. adeliruspitaaa berkata:

    apakah hanya itu saja??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s