8 tantangan yang dihadapi penyuluhan pertanian

disadur dari feeder at all tahun 1999 yang mengidentifikasi adanya danya 8 (delapan) tantangan-generik yang sedang dihadapi penyuluhan pertanian, yaitu:

1) Skala dan kompleksitas dari tugas-tugas penyuluhan.
Skala, berkaitan dengan luas wilayah dan jumlah manusia yang terlibat. Sedang kompleksitas berkaitan dengan sumber infor-masi, stakeholders, serta mitra-kerja dalam kegiatan penyuluhan (pembangunan) pertanian.

2) Ketergantungannya terhadap kebijakan pemerintah dan fungsi lembaga-lembaga lainnya, yang berakibat pada efektivitas inves-tasi penyuluhan, efektivitas kelembagaan dan kebijakan, serta efisiensi pemanfaatan sumberdaya yang dapat diakses.

3) Ketidak-mampuan untuk menelusuri hubungan penyebab dan akibat yang ditimbulkan oleh kegiatan penyuluhan, kaitannya dengan: masalah-masalah yang dihadapi, dukungan politis, alokasi anggaran, dan akuntabilitas kegiatan penyuluhan.

4) Komitmen dan dukungan politis, terutama pada kondisi seringnya terjadi pergantian (pemegang) kekuasaan.

5) Akuntabilitas, yang menyangkut kinerja penyuluhan, kinerja personil, dan kinerja staf yang berhubungan dengan petani (penyuluh, peneliti, dll)

6) Kelayakan sebagai lembaga layanan pengetahuan dan informasi, yang harus menjangkau semua kelompok-sasaran, aparat peme-rintah di lapis terbawah, dan stakeholders lain yang memerlu-kannya

7) Keberlanjutan operasionalisasi fiskal dan sumberdaya yang lain, baik karena ketidak-pastian anggaran maupun rendahnya pengem balian dana yang telah digunakan untuk kegiatan penyuluhan.
8.) Interaksi dengan tumbuh dan berkembangnya pengetahuan kaitannya dengan mutu pesan-pesan yang disamapaikan melalui kegiatan penyuluhan, yang tercermin pada keterkaitan antara penyuluhan dengan penelitian.

0 Responses to “8 tantangan yang dihadapi penyuluhan pertanian”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: