Presiden Polandia Tewas

MOSKOW – Analisa pertama dari rekaman kokpit dari pesawat yang membawa Presiden Polandia, yang jatuh pada Sabtu 15 April lalu menyebutkan jika sang pilot tidak mengindahkan peringatan dari pihak pengawas bandara.

“Berdasarkan analisa bukti termasuk dari hasil awal rekaman kotak hitam, menunjukan terjadinya kesalahan pilot yang atas intruksi yang diterima. Kesalahan tersebut menyebabkan kecelakaan pesawat,” menurut keterangan sumber kepada Interfax, Kamis (15/4/2010).

Sebelumnya pejabat Rusia menepis dugaan adanya ledakan yang menyebabkan terjadi tragedi yang menewaskan Presiden Polandia Lech Kaczynski tersebut. Pesawat berjenis Tupolev Tu-154 tersebut berusaha untuk mendarat di Bandara Smolensk saat kabut tebal tengah memenuhi bandara dan pada akhirnya menabrak pohon dan terjatuh.

Hampir sepekan berlalu setelah tragedi tersebut, banyak pertanyaan mengelilingi insiden tersebut khususnya mengenai penyebab langsung dari kecelakaan. Saat itu, pihak pengawas lalu lintas bandara mengaku jika pilot berulangkali melanggar perintahnya untuk tidak melakukan pendaratan.

Menurut sumber dari Interfax, kemungkinan besar pilot dari pesawat buatan Rusia tersebut tidak menyadari tidak menyadari kondisi pesawat saat berusah untuk mendarat berulang kali. Pada percobaan terakhir pendaratan, pesawat mencoba mendarat dengan kondisi badan pesawat melenceng jauh dari ketinggian seharusnya guna menghindari cuaca buruk.

Dua kotak hitam ditemukan dalam lokasi kecelakan dan langsung diperiksa oleh penyelidik dari Rusia dan Polandia di Moskow. Sementara kotak hitam ketiga yang dipasang oleh pihak Polandia, dibawa langsung ke negaranya untuk diperiksa.

Kecelakaan yang terjadi pada Sabtu 10 April lalu itu, menyebabkan tewasnya Presiden Polandia Lech Kaczynski beserta istrinya. Selain Kaczynski, kecelakaan ini juga menewaskan beberapa pejabat tinggi Polandia termasuk pimpinan militer dan Gubernur Bank Sentral Polandia.

Saat kecelakaan, Presiden Kacyznski bersama dengan rombongan sedang dalam perjalanan menghadiri peringatan pembantaian warga Polandia oleh pasukan Uni Soviet di Kota Katyn, Rusia. (faj)

0 Responses to “Presiden Polandia Tewas”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: