AUDIT KOMUNIKASI

Audit Kominikasi bertujuan
– Memberikan informasi yg dpt menjawab berbagai pertanyaan peimpinan orgn dlm usahanya meningkatken kinerja organisasi
– Kinerja program komunikasi
– Mengumpulkan informasi yg bermnfaat untuk menungkatkan efektivitas pprogam yg sedng berlangsung
– Petunjujk bagi pelaksanan audit total yg menyeluruh dan mendalam

Def Audit mini : alat untuk menemukan titik2 rwan, mendokumtasikan dan menguji program dan prosedur kerja, mendapatkan umpan balij dan membuat berbagai rekomendasi
ad
1. titik rawan (hot Spots)
 Bagain dari kegiatan komunikasi mana yg hendak dituju, ssuaikan dg tujuan
 Titik2 rawan sperti : segala macam peristiwa penting yg berdampak besar, sperti pergantian pimpinan, isu2 baru yg berhubungan dg masyarakat, berita dari media massa yg negatif , dll.
 Pilih yg paling besar dampaknya
2. mendokumtasikan program dan prosedur kerja
 Peninjauan materi
 Ex; Berbagai komunikasi terjadi (pernyataan rencana2 bisnis, kebijakan editorial, laporan profil lhalayak dan dokumentasu segala keluhan.
3 pengujian
 CrossCheck
4. Umpan Balik
 Dgn wawancara thd pimpinan lintas seksi ttg pendaapt mereka dr berbagai jawaban yg diperoleh
5. membuat analisis dan rekomendasai
 Analisis yg cermat dan penulisan rekomendasi

Audit mini dibtuhkan untuk :
i. Jika diperlukan informasi tepat waktu dengan segera ttg kualitas dg program dan komponennya
ii. Tinjauan objktif tentang progm yg sedang berlangsung yg dpt meningkatkan efiseinsi kerja
iii. Sebuah action plan yg dapat menunjukan diman persoalan2 yg muncul, langkah2 penanganan dan saran2 agr kom lebih efektif

Variabel pokok dlm audit komunikasi
1. Bentuk komunikasi : Variabl tertulism lisan, non verbal
2. ekspectasi
3. fungsi2 operasional
4. interaksi  kemampuan atau kecakapan, kepuasaan, pemahaman, perbedaan2, status, prestasi.
5. ketrampilan
6. kewenangan dn tanggung jawab
7. Kontak dengan lingkungan
8. motivasi
9. Pesan  arah pesan, distorsi, efisiensi, ganguan eksternal dr luar, ganguan internal, isi pesan, kecepatan.
10. Saluran/jaringan : efisiensi, perbedaan2 diatur dll
11. sturktur organisasi
12. tujuan
 Share/Bookmarka2a_linkname=”Turindra Corporation Indonesia”;a2a_linkurl=”turindraatp.blogspot.com”;

0 Responses to “AUDIT KOMUNIKASI”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: