sebuah pertanyaan dari FTA

Free Trade Area (FTA) 2010 antara China & Asean! Ada yang bisa berpendapat? Silahkan masuk…?
Jika saya menjadi President RI, Wapres, Menteri Keuangan, Menteri Industri, & Menteri Perdagangan, benarkah tindakan saya di bawah ini!?

Untuk bertahan/defensif dari FTA China, saya akan :
1. Membuat standar yang makin ketat bagi masuknya produk China ke Indonesia.
Sehingga, tidak semua produk China bisa masuk dengan bebas ke Indonesia. Karena beberapa produk China tidak baik untuk kesehatan, terutama obat-obatan, susu, dll. Misalnya saja Domestik kesehatan & obat-obatan, Minuman & Makanan, Mainan, Pangan, dll.
2. Mengupayakan program “Cinta Produk Dalam Negri”.
Menyadarkan masyarakat, bahwa mencintai produk dalam negeri, sama dengan mencintai negeri. Sehingga masyarakat lebih mencintai produk negeri. Dengan demikian, industri dalam negeri bisa berjaya. Dan yang pasti barang produksi dalam negeri tidak akan tergusur oleh barang murah dari China.

Untuk menyerang balik/offense dari FTA China, saya akan :
1. Melindungi produksi dalam negeri.
Misalnya dengan, membantu dengan cara pemberian modal para industri kecil menengah, sehingga terjadi peningkatan produksi dalam negeri.
2. Menghilangkan aturan-aturan yang menghambat industri.
3. Melemahkan suku bunga kredit bagi para pengusaha, sehingga industrinya bisa maju.
4. Memurahkan biaya penggunaan listrik, sehingga proses produksi dalam negeri bisa lancar.

Negeri ini punya gas & batu bara yang melimpah sebagai penggerak industri, namun sebagian bahan tambang tersebut di ekspor.

Mari kita bandingkan Indonesia dengan China, China memberikan listrik yang murah bagi rakyatnya. Bukan karena China tidak mempunyai batu bara, melainkan mereka sengaja menyimpanya untuk kemandirian energi dalam jangka panjang. Supaya di masa yang akan datang, di saat dunia membutuhkan energi, China masih melimpah.

China juga mempunyai standarisasi barang impor sangat ketat, sehingga tidak semua barang prosduk bisa melenggang bebas di pasaran China. China tidak membolehkan kosmetik kecantikan memakai bahan kimia berlebih, jadi kosmetik itu di kemanakan? Ya di kirim ke Indonesia, sehingga wajah-wajah cantik nan jelita nan ayu dari wanita Indonesia mulai hilang. Sehingga banyak lulusan Miss Indonesia gak bisa menang Miss Universe International!

Produk susu China juga mempunyai produk susu yang mengandung melanin lebih, tetapi tidak di pakai oleh rakyat China! Jadi siapa yang membeli dan meminumnya? Ya bayi-bayi dari Indonesia juga… Bayi indonesia tidak se-imoet bayi2 pada tahun 80an.

Jadi, taktik pengusaha China itu kurang lebih begitu. Dengan harga yang murah, produk China, baik yang baik bagi kesehatan, maupun tidak bisa bebas di Indonesia.

Menurut saya, pemerintah Indonesia sangat minim strategi.

Bagaimana cara anda menghadapi FTA menurut pandangan anda?
Pendapat anda?

diambil langsung dari yahoo groups

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s