Serabi Notosuman

Bila anda berlibur di Kota Solo, jangan lupa mencicipi serabi khas Solo. Serabi istimewa ini tidak dimakan bersama saus santan manis karena rasanya sudah manis dengan coklat yang kental sehingga sangat terasa di lidah. Salah satu penjual serabi ternama di Kota Solo adalah Serabi Notosuman.
Serabi Notosuman dijual di Jalan Mr. Moh. Yamin No. 51. Awal didirikannya tahun 1923-an, oleh Hoo Gieng Hok. Usaha ini ternyata berkembang, hingga diwariskan kepada anak cucu. Pada generasi cucu, bisnis kue dari tepung beras ini malah makin berkibar.
Makanan dengan bahan dasar beras dan santan ini, sangat cocok sebagai cemilan sekaligus oleh-oleh. Bentuknya yang tipis ditambah rasa manis kelapa, membuat serabi Notosuman tidak membosankan. Kendati hanya ditularkan dari mulut ke mulut, kemashurannya boleh dibilang tak tertandingi dengan serabi buatan di tempat lain.
Jerih payah Nyonya Hoo, yang diteruskan putrinya Margo Utomo, tidak sia-sia. Dari tahun ke tahun, serabi Notosuman semakin dikenal banyak orang. Sekarang ini, dari enam putra dan putri Margo Utomo, tiga di antaranya meneruskan usaha yang telah dirintis sang nenek.
Toko Serabi Notosuman, tidak banyak berubah dari dulu hingga sekarang. Ia sengaja menggunakan dapur yang dulu digunakan neneknya, dengan menggunakan arang dalam tungku-tungku yang masih tradisional.
Untuk mencetak serabi pun masih menggunakan cetakan dari tanah liat. Dinding kayu yang sekarang berubah menjadi hitam, memberikan kesan betapa tuanya usia dapur tersebut. Semua ketuaan itu, sengaja dipertahankan untuk meyakinkan pembeli bahwa yang dikelolanya merupakan Notosuman yang asli.

Iklan

3 Comments Add yours

  1. We Make The Easier berkata:

    pokoknya makyus

  2. Anonymous berkata:

    enak banget and murah

  3. wisata kuliner berkata:

    mantap dan jangan lupa bwt oleh2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s