Serabi Notosuman

Bila anda berlibur di Kota Solo, jangan lupa mencicipi serabi khas Solo. Serabi istimewa ini tidak dimakan bersama saus santan manis karena rasanya sudah manis dengan coklat yang kental sehingga sangat terasa di lidah. Salah satu penjual serabi ternama di Kota Solo adalah Serabi Notosuman.
Serabi Notosuman dijual di Jalan Mr. Moh. Yamin No. 51. Awal didirikannya tahun 1923-an, oleh Hoo Gieng Hok. Usaha ini ternyata berkembang, hingga diwariskan kepada anak cucu. Pada generasi cucu, bisnis kue dari tepung beras ini malah makin berkibar.
Makanan dengan bahan dasar beras dan santan ini, sangat cocok sebagai cemilan sekaligus oleh-oleh. Bentuknya yang tipis ditambah rasa manis kelapa, membuat serabi Notosuman tidak membosankan. Kendati hanya ditularkan dari mulut ke mulut, kemashurannya boleh dibilang tak tertandingi dengan serabi buatan di tempat lain.
Jerih payah Nyonya Hoo, yang diteruskan putrinya Margo Utomo, tidak sia-sia. Dari tahun ke tahun, serabi Notosuman semakin dikenal banyak orang. Sekarang ini, dari enam putra dan putri Margo Utomo, tiga di antaranya meneruskan usaha yang telah dirintis sang nenek.
Toko Serabi Notosuman, tidak banyak berubah dari dulu hingga sekarang. Ia sengaja menggunakan dapur yang dulu digunakan neneknya, dengan menggunakan arang dalam tungku-tungku yang masih tradisional.
Untuk mencetak serabi pun masih menggunakan cetakan dari tanah liat. Dinding kayu yang sekarang berubah menjadi hitam, memberikan kesan betapa tuanya usia dapur tersebut. Semua ketuaan itu, sengaja dipertahankan untuk meyakinkan pembeli bahwa yang dikelolanya merupakan Notosuman yang asli.

3 Responses to “Serabi Notosuman”


  1. 1 We Make The Easier Desember 28, 2009 pukul 11:18 am

    pokoknya makyus

  2. 2 Anonymous Desember 28, 2009 pukul 11:20 am

    enak banget and murah

  3. 3 wisata kuliner Desember 28, 2009 pukul 11:23 am

    mantap dan jangan lupa bwt oleh2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: