Belanja akhir tahun? kenapa tdak

Akhir tahun identik dengan perayaan. Entah itu perayaan natal yang artinya perlu menyiapkan kado-kado untuk keluarga, atau perayaan tahun baru dengan segala persiapannya. Namun, keadaan kantong juga tidak bisa diajak kompromi untuk belanja semena-mena. Akan lebih baik jika Anda bijak membelanjakan uang THR dengan lebih baik agar tahun 2010 nanti tidak dimulai dengan utang menggunung. Berikut tipsnya:

Morning Person
Akan lebih mudah untuk Anda berbelanja ketika toko masih dalam keadaan tertata rapi, dan ini biasanya terjadi di pagi hari, sekitar pukul 10.00, ketika toko baru dibuka untuk umum. Di waktu toko baru buka, Anda masih bisa mencari barang-barang di dalam boks berisi barang yang sedang didiskon, plus, tak harus berdesak-desakkan. Datang pagi hari juga membantu Anda bisa berpikir lebih jernih untuk memutuskan, apakah barang tersebut layak untuk dibeli atau tidak, karena kondisi tubuh masih dalam keadaan segar dan tak letih.

Mau belanja lebih pagi lagi? Coba saja datangi Senayan City Morning Shopping. Senayan City akan menggelar diskon untuk Anda yang bersedia datang berbelanja di pagi hari. Jika selama ini, pusat perbelanjaan ini terkenal dengan program Midnite Shopping-nya, saat ini, Senayan City mencoba format baru dengan menggelar Morning Shopping sebagai bagian acara menyambut hari raya Natal dan Tahun Baru. Mau mencoba debaran adrenalin berbelanja diskonan di pagi hari? Jangan lewatkan momen ini, karena Senayan City menawarkan diskon hingga 80 persen. Akan ada sarapan gratis untuk pelanggan Debenhams, hadiah Blackberry untuk pengunjung beruntung, dan akan ada 100 pengunjung yang beruntung mendapatkan hadiah ketika sirene pagi dinyalakan.

Mengurangi Euforia
Tentunya, menjelang hari-hari perayaan tertentu, toko-toko akan menjual barang dan pernak-pernik dengan harga yang cukup fantastis. Namun, usai acara, biasanya harga akan turun dan keramaiannya pun akan berkurang juga. Disarankan untuk Anda “menabung pernak-pernik itu untuk tahun mendatang”. Dengan begini, Anda mendapat harga lebih murah, plus tak perlu mengantre di tahun mendatang. Misal, belilah pernak-pernik natal selepas tanggal 25 Desember-nya.

Satu untuk Semua
Biasanya, jika membeli barang dalam jumlah banyak akan dapat potongan lebih banyak. Jika Anda harus menghadiri banyak acara “tukar kado”, cara ini bisa Anda lakukan dan lebih murah. Belilah barang yang sekiranya bisa digunakan semua orang dalam jumlah banyak. Misal, buku menarik atau lucu (komik Benny dan Mice, misalnya), vas, atau sabun aromaterapi.

Sendiri Tak Berarti Kesepian
Dorongan teman dan ucapan teman amat berarti bagi seorang wanita. Tak heran jika Anda berbelanja bareng teman, Anda akan belanja lebih banyak dalam waktu yang lebih lama pula. Untuk menghindarinya, usahakan untuk belanja seorang diri dengan patokan jam. Dengan begini, ketika Anda berbelanja, Anda sudah tahu apa saja target yang harus dibeli dan kapan harus berhenti, supaya sulit untuk mengalihkan perhatian Anda.

Perencanaan yang Pasti
Untuk mempersingkat waktu pencarian, Anda bisa membuat daftar dan mengincar barang apa saja. Selain dengan menentukan apa saja dengan pasti yang Anda ingin beli, Anda juga mengurangi “godaan” dari barang-barang lain. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengambil atau berlangganan katalognya terlebih dulu. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mem-browse barang-barangnya lewat internet. Misal, untuk Anda yang gemar berbelanja di Centro Lifestyle Department Store, Anda bisa melihat barang-barang terbaru mereka di http://www.centro.co.id. Di sini, Anda akan menemukan barang-barang koleksi terbaru dan yang direkomendasikan, termasuk promo-promo.

Bawa Uang Tunai Secukupnya
Uang tunai adalah uang yang “terlihat”. Anda akan lebih sulit untuk membelanjakan uang yang terlihat ketimbang uang yang tak terlihat di rekening. Karenanya, batasi uang yang bisa Anda belanjakan di dompet. Dengan dana sekianlah Anda membatasi diri untuk berbelanja. Jika lebih, maka Anda harus merelakan salah satu barang belanjaan.

0 Responses to “Belanja akhir tahun? kenapa tdak”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: