Bahaya kurang tidur

Setiap orang memang memiliki waktu tidur yang berbeda-beda karena beberapa faktor, misal usia. Secara umum, anak bayi membutuhkan rata-rata 16 jam tidur per harinya, remaja butuh sekitar 9 jam per hari, sementara kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur per hari, meski beberapa orang hanya butuh sekitar 5 jam atau bahkan 10 jam per harinya. Sedangkan wanita yang sedang mengandung 3 bulan umumnya butuh beberapa jam lebih lama dari biasanya.

Salah satu tanda paling mudah untuk mendeteksi apakah Anda kekurangan tidur atau tidak, adalah ketika Anda merasa kelelahan dan mengantuk di siang hari, apalagi ketika melakukan aktivitas membosankan.

Ketika kekurangan tidur terakumulasi berhari-hari, maka Anda akan berutang sekian banyak jam tidur untuk tubuh Anda. Utang tersebut mirip seperti menarik uang pinjaman melebihi saldo rekening Anda. Pada akhirnya, tubuh akan meminta “bayaran” untuk utang tersebut lewat cara lain. Di antaranya lewat berkurangnya kemampuan kita untuk menilai sesuatu dan bereaksi, serta berkurangnya beberapa fungsi tubuh lain. Selain itu juga kehilangan kemampuan untuk mengingat, depresi, berkurangnya sistem imun tubuh, dan peningkatan persepsi rasa sakit.

Banyak studi menyatakan bahwa kekurangan tidur adalah kondisi yang berbahaya. Lewat penelitian tersebut, diketahui, bahwa orang yang kekurangan tidur memiliki kondisi yang lebih parah dari orang yang sedang mabuk. Karena pada penelitian tersebut, ditemukan bahwa ketika diminta mengemudikan mobil simulator, orang yang kekurangan waktu tidur tak bisa mengkoordinasikan mata dan tangannya. Tak heran orang yang berkendara dalam keadaan mengantuk di jalan tol sering mengalami kecelakaan. Saat mengantuk seperti ini, kafein pun tak akan mampu mengatasinya.

Ketika Anda mulai merasa kesulitan menjaga mata untuk fokus, tak bisa berhenti menguap, dan saat mengemudi tidak bisa mengingat sudah melewati apa saja, maka sudah dipastikan Anda butuh istirahat. Untuk Anda yang berencana bepergian akhir tahun ini, jangan lupa persiapkan kondisi tubuh, khususnya untuk beristirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan.

0 Responses to “Bahaya kurang tidur”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: