Aneka Pangan dari Mangga

 

 

Aneka Pangan Olahan Buah Mangga

Sering dijumpai persediaan mangga melebihi permintaan terutama di musim panen raya. Akibatnya stok menumpuk, tidak terjual bahkan sampai terbuang percuma. Padahal buah mangga dapat diolah menjadi berbagai bentuk pangan olahan mulai manisan, sari buah, selai, jelly, hingga dodol.
Manisan
Prinsip proses pembuatan manisan adalah peresapan gula sampai kadar gula di dalam jaringan sesuai dengan yang diinginkan. Peresapan gula ini sekaligus mencegah pertumbuhan mikroba. Perendaman dilakukan selama 4 hari dalam sirup dengan kadar gula 55%.
Bahan yang digunakan adalah buah yang tidak banyak seratnya. Air kapur sirih satu sendok teh, air bersih 2 liter, garam 3 sendok makan, natrium benzoat 1,5 gr, gula pasir 1 kg.
Buah mangga telah dikupas dicuci bersih kemudian tiriskan. Bentuk diusahakan menarik. Kemudian, irisan-irisan buah direndam air kapur sirih, garam dan natrium benzoat sebagai pengawet. Perendaman dilakukan sekitar 4 jam. Setelah itu cuci bersih dan tiriskan. Perendaman dalam larutan gula, larutan gula direbus sampai 90°C.
Sari Buah
Bahan yang digunakan buah mangga gedong atau mangga kopyor, air, gula, asam sitrat. Cara pembuatannya, buah dicuci bersih lalu dikupas, dipotong-potong. Kemudian daging buah diblender. Tambahkan air dengan perbandingan bubur buah dari air 1 : 3. Tambahkan gula 40%, asam sitrat 2 gram per liter campuran. Pasteurisasi dengan suhu 85°C selama 20 menit.
Selai
Bahan yang digunakan daging buah matang 50 kg, gula pasir 15 kg, panili 30 gr, jeruk nipis 20 gr, garam dapur secukupnya, natrium benzoat.
Setelah dikupas kukus daging buah selama 10 menit. Parut daging buah dan tambahkan gula, garam, panili, natrium benzoat dan jeruk nipis. Aduk sampai merata kemudian masak selama 1 jam. Setelah mengental masukkan segera dalam botol, tutup dan biarkan botol dalam keadaan terbalik selama 5 menit. Setelah itu balik lagi botol ke posisi semula.
Jelly
Bahan yang digunakan buah matang 50 kg, gula pasir 15 kg, garam secukupnya, natrium benzoat.

0 Responses to “Aneka Pangan dari Mangga”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: