agar facebook kita aman

Banyak user Facebook yang kaget karena album fotonya bisa dilihat oleh user yang bukan teman. Hal itu karena Facebook menerapkan kontrol privacy baru. Lalu bagaimana agar privasi aman?

Facebook memberikan pengaturan baru menyangkut privasi membernya. Inisiatif privasi itu selain dari Facebook juga tergantung dari pribadi membernya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan user melakukan pengaturan privasinya.

1.Informasi yang dapat dilihat oleh semua orang.

Setiap orang dapat melihat nama, foto profil dan pekerjaan. Jika Anda khawatir tentang grup yang memiliki perilaku aneh, maka hindari menjadi penggemar kelompok Facebook seperti itu.

Anda tidak dapat meminta Facebook untuk tidak menampilkan infromasi Anda ke grup seperti itu. Anda dapat menghapus centang “Tunjukkan jenis kelamin di profil saya” saat mengedit profil jika tidak ingin terdaftar, dan Anda dapat mengosongkan “Kota tempat tinggal”.

2. Daftar teman-teman juga bisa dilihat publik.

Facebook juga mempertimbangkan agar informasi daftar teman bisa dilihat oleh publik. Advokat privasi khawatir banyak yang bisa dimanfaatkan dari daftar teman itu, termasuk orientasi seksual, menurut sebuah studi MIT. Tapi ada cara untuk menyembunyikan daftar teman. Masuk ke halaman profil dan klik pada ikon pensil biru kecil di kanan atas kotak teman. Hapus tanda centang “Tampilkan Daftar Teman ke semua orang.” Atau bagi yang sudah berteman saja yang dapat melihat daftar lengkap teman.

3. Anda dapat menyembunyikan diri dari pencarian web.

Ada bagian “Cari” di bawah halaman pengaturan privasi Facebook, yang dapat diakses dari sudut kanan atas di bawah “Pengaturan.” Jika Anda klik tombol kotak “Izinkan” di samping “Hasil Pencarian Umum,” informasi yang dianggap Facebook yang tersedia untuk umum (seperti foto, halaman fitur dan daftar teman-teman), bersama dengan apa pun yang tersedia bagi semua orang, akan muncul ketika seseorang mencari nama Anda di mesin pencari seperti Google.

Ini berguna jika Anda ingin orang-orang yang telah kehilangan kontak dengan rekan kerja dapat menemukan halaman Facebook Anda. Jika Anda lebih suka tidak dapat ditemukan, jangan centang kotak ini.

Pengaturan kedua, mengendalikan pencarian dalam Facebook, memungkinkan Anda menyaring siapa yang dapat menemukan orang yang pernah Anda koneksikan. Batasi pencarian ke teman-teman, hanya jika Anda memiliki teman-teman yang dibutuhkan dan tidak ingin orang menemukan Anda ketika mereka mengetik nama Anda di Facebook.

4. Waspadalah terhadap aplikasi pihak ketiga.

Kuis dan permainan memang menyenangkan, tapi setiap kali Anda diharuskan memberikan izin untuk mengakses informasi profil Anda. Bahkan jika Anda membuat akses hanya tersedia untuk teman-teman, tetapi Anda juga membiarkan aplikasi mengakses beberapa informasi tentang teman-teman Anda.

5. Atur daftar teman.

Pengguna Facebook rata-rata memiliki 130 teman. Tetapi banyak orang berinteraksi dengan kelompok yang lebih kecil ketika mengomentari status update, foto dan link.

Jadi, tidak ada salahnya untuk sesekali memeriksa daftar teman-teman untuk mendapatkan ide siapa yang boleh melihat status posting, foto-foto liburan dan link lucu.

Jangan merasa berkewajiban untuk menambahkan seseorang sebagai teman, bahkan jika orang itu menambahkan pertama kali. Beberapa tempat kerja dan sekolah mempunyai aturan tentang interaksi Facebook antar atasan dan karyawan, atau siswa dan guru.

6. Buat kustomisasi kelompok teman-teman.

Jika Anda memiliki teman sangat banyak, pikirkan kelompok di mana Anda berinteraksi dengan kehidupan nyata (rekan kerja, teman-teman sekolah, pacar, nenek dan kakek) dan mengatur teman-teman Facebook Anda dalam kelompok-kelompok.

Masuk ke “Semua Teman” klik “Buat Daftar Baru”. Kemudian putuskan aspek profil Anda dan pilih status posting dan foto, orang-orang ini akan memiliki akses ke akun Anda atau cukup buat sebuah “batasan” daftar kenalan atau kerabat jauh dan membatasi akses mereka.

7. Menyesuaikan posting status

Ketik “aku lapar” ke dalam kotak status anda. Klik pada ikon gembok kecil. Anda akan melihat rentang kendali pribadi, membiarkan Anda memperbolehkan atau membatasi akses ke posting.

Jika Anda ingin, maka Anda dapat menyembunyikannya dari semua orang dengan mengklik “Hanya saya” di bawah pengaturan kustomisasi. Klik “Simpan Pengaturan.” Ulangi dengan setiap posting, atau membuat pengaturan dasar bagi sebagian besar pembaharuan dan menambah atau mengurangi privasi sesuai keinginan Anda

6 Responses to “agar facebook kita aman”


  1. 1 We Make The Easier Desember 28, 2009 pukul 2:54 am

    ok deh

  2. 2 frans Desember 6, 2010 pukul 7:40 am

    saya pengen fb saya aman, akhir2 ini banyak orang iseng masuk dalam fb saya, apalagi bukan temen yg saya kenal ..
    misalnya; message di fb, tulis wall di fb??
    saya pengen orang yg bukan saya kenal, tidak sembarang masuk, mudah alam fb saya?/
    tolong kasih jawaban, caranya??secepatnya ..
    saya sudah sering diteror terus makasih,

  3. 5 abdul Agustus 28, 2011 pukul 9:30 pm

    kalo yang untuk teman kita tidak bisa mengomentari status kita tanpa menhapus pertemanannya, gimana caranya gan, tolong donk soalnya teman saya suka jahil yang kelewatan kalo mengomentari itu sering melecehkan saya. mohon bantuannya. terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: