Pengganti Bumi

INILAH.COM, Jakarta – Ilmuwan sedang dalam perjalanan untuk menemukan ribuan planet baru, termasuk ratusan yang seukuran bumi. Mereka berharap untuk mencapai tujuan itu dalam waktu tiga tahun. Tapi mereka akan mulai dengan dunia yang aneh.

Ilmuwan menggunakan wahana paling canggih untuk berburu planet, satelit COROT European Space Agency dan pesawat ruang angkasa NASA Kepler.

Ilmuwan Kepler akan mengumumkan hasil resmi pertama bulan depan, dan diharapkan akan mengungkap “hot Jupiters” dan “super-Bumi” berputar-putar begitu dekat dengan bintangnya.

“Aku mengantisipasi sesuatu yang akan kita lihat bersama,” kata David Latham, co-penyelidik misi di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics. “Ada beberapa hal-hal baik akan datang.”

Penyelidik utama Kepler, William Borucki dari Ames Research Center NASA mengharapkan tim sains akan mepresentasikan sekitar 30 makalah bulan depan di pertemuan American Astronomical Society di Washington.

“Kami memiliki planet untuk diumumkan, dan kami akan memiliki planet untuk diumumkan tahun depan, pada kenyataannya lebih banyak lagi,” katanya.

Borucki mengatakan beberapa hasil ditolak oleh Kepler karena sangat tidak biasa dan dia tidak tahu kapan tim akan siap untuk mengungkap ke publik.

Latham mengatakan pengumpulan data selama 45 hari pertama mendapat sekitar 200 sasaran yang menarik. [ito](inilah.com)

0 Responses to “Pengganti Bumi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: