Batu Baterai dari kertas

INILAH.COM, Jakarta – Kertas suatu hari nanti bisa dijadikan sebagai baterai paling ringan. Materi ini lebih ringan dan memiliki penyimpanan energi yang lebih besar.

Ilmuwan Universitas Stanford California melaporkan bahwa mereka telah berhasil mengubah kertas yang dilapisi tinta perak dan materi nano karbon menjadi sebuah baterai kertas.

Materi ini lebih ringan dan memiliki penyimpanan energi yang lebih besar.

Studi sebelumnya menemukan bahwa nano silikon dapat membuat baterai 10 kali sama kuat dengan baterai lithium ion yang saat ini digunakan sebagai perangkat sumber listrik untuk komputer laptop.

“Mengambil keuntungan dari teknologi kertas yang sudah matang, penyimpanan energi biaya rendah dan peforma tinggi dapat dibuat dari kertas konduktif sebagai elektroda dan kolektor energi,” ujar peneliti dalam Proseding Sains Akademi Nasional.

Tipe baterai ini juga bisa berguna untuk menghidupkan kendaraan listik atau hybrid, atau agar alat elektronik menjadi lebih ringan dan lebih tahan lama.

Materi itu suatu saat juga bisa digunakan sebagai kertas elektronik.

0 Responses to “Batu Baterai dari kertas”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: