Di Balik Surat Al Faatihah

Ragam Kecerdasan di Balik Al Faatihah
INILAH.COM, Jakarta – Potensi SQ, EQ, dan IQ di Balik Ayat-ayat al-Faatihah

menyerap kecerdasan spiritual (SQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan intelegensia (IQ) dari Kejaiban-keajaiban ayat demi ayat Surat al-Faatihah.

Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin, kalimat ini tentu tak asing lagi di telinga kita, bahkan senantiasa diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, pernahkah terpikir kedalaman maknanya dan kekuatan ruh kalimat tersebut?

Bahkan demi menegaskan keistimewaan satu ayat ini, Rasulullah Saw. bersabda, “Jika seorang hamba berucap, Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin, Allah Swt. berfirman, ‘Demi keagungan dan kebesaran-Ku, Aku curahkan nikmat-Ku kepadamu di dunia dan akhirat.” Subhanallah!

Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin selain menyeru kita mengenal Allah Swt, memahami kebesaran dan keagungan-Nya, juga membuhulkan pesona hikmah atas segala yang menimpa hidup kita. Bahwa terkadang, ’emas’ yang dielu-elukan amat berharga tidaklah berarti apa-apa dibandingkan ‘kotoran’ yang ada di sekitar kita.

Buku yang amat tuntas membedah seluk-beluk ayat demi ayat surat al-Faatihah ini sangat istimewa lantaran menghidupkan lautan ruh, makna, dan hikmah surat al-Faatihah ditinjau dari berbagai aspek kehidupan kita.

Dengan menghidupkan ruh ayat-ayat al-Faatihah, dari kacamata spiritual, psikologis, dan ilmiah, niscaya akan berpengaruh besar terhadap pembentukan karakter dan pribadi yang mampu menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat. Langgam keindahan hablum minallah (hubungan hamba dengan Allah Swt.) dan hablum minannas (hubungan sesama manusia) niscaya akan terjalin sempurna.

Saking istimewanya buku ini, usai mengkajinya, kita insya Allah akan tergerak kuat menjadi muslim/ muslimah yang sanggup berilmu amaliah dan beramal ilmiah.

Judul: Potensi SQ, EQ, dan IQ di Balik Ayat-ayat al-Faatihah

Penulis: Mustamir

Penerbit: Diva Press

Terbit: November 2009

0 Responses to “Di Balik Surat Al Faatihah”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: