Komunikasi Pertanian dan Penyuluh Pertanian

Komunikasi adalah suatu pernyataan antar manuasia, baik secara perorangan maupun berkelompok, yang bersifat umum dengan menggunakan lambang-lambang yang berarti, maka akan tampak bahwa dengan perkembangan objek tertentu akan memerlukan komunikasi yang lebih spesifik (Soekartawi, 1988) .

Komunikasi Pertanian adalah pernyataan antar manusia, baik kelompok maupun perorangan, yang sifatnya umum dengan menggunakan lambang-lambang tertentu seperti sering dijumpai pada metode penyuluhan.

Penyuluhan pertanian adalah sistem pendidikan informal (diluar sekolah) yang diberikan kepada petani dan keluarganya, agar mereka mampu, sanggup dan berswadaya meningkatkan atau memperbaiki kesejahteraan keluarganya sendiri atau bila mungkin meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekelilingnya.

Dalam perkembangannya komunikasi pertanian dimulai dari komunikasi linear, komunikasi dikatakan berhasil bila komunikator telah dapat menyampaikan pesan kepada komunikan. Pendekatan baru dikembangkan dengan titik berat pada peranan komunikan dan dikenal dengan two way traffic.

Komunikasi diartikan sebagai pertukaran informasi untuk mendapatkan kesamaan makna antara koomunikator dan komunikan. Keberhasilan komunikasi juga ditentukan oleh pengaruh sosiolgi, psikologis sosial, serta faktor yang lain.
Dengan demikian komunikiasi pertanian menjadi penting dalam metode penyuluhan pertanian sehingga perlu dipahami oleh petugas penyuluh pertanian.

Sumber :
Di Intisariakan dari BP Pengantar Ilmu Pertanian FP UNS 2004
Soekartawi. 1988. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. Jakarta: UI Perss

1 Response to “Komunikasi Pertanian dan Penyuluh Pertanian”


  1. 1 Best Technical Seo Juni 2, 2014 pukul 1:19 am

    Hello! This is kind of off topic but I need some help from an established blog.
    Is it very difficult to set up your own blog?
    I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick.
    I’m thinking about making my own but I’m not sure where to begin.
    Do you have any ideas or suggestions? Many thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: