Situs Tunjukkan Cara Hindari Tsunami

Sebuah website pendidikan telah dioperasikan untuk membantu orang-orang agar siap menghadapi serangan tsunami. Situs itu dikembangkan oleh Institut Oceanografi Wood Hole.

Dijuluki dengan petunjuk interaktif yang dapat menyelamatkan hidup anda, situs tersebut juga menampilkan hasil riset sains terakhir yang berhubungan dengan tsunami, serta video dari para korban yang selamat, lengkap dengan wawancara.

“Tsunami tidak bisa dicegah atau diperkirakan,” kata Lin Jian, pengagas situs.

Ia juga seorang ahli geologi Woods Hole yang secara aktif terlibat dalam penelitian tsunami, serta anggota komite nasional AS untuk peringatan tsunami dan kesiagaan.

“Orang yang mengetahui tentang tanda-tanda peringatan tsunami dapat menyelamatkan hidup mereka sendiri dan kehidupan orang lain.”

Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang berarti “ombak pelabuhan,” istilah itu digunakan saat terjadi gempa di bawah permukaan laut, longsor atau pun ledakan gunung berapi yang dapat menciptakan gerak secara tiba-tiba pada air laut sebelum akhirnya menciptakan serangkaian ombak yang sangat besar.

Di laut terbuka, ombak semacam itu dapat mencapai kecepatan 500 mil per jam atau setara dengan pesawat jet.

Tsunami dapat menelan daerah pesisir dengan cepat, dan mengakibatkan kerusakan serta kematian yang luas seperti halnya yang terjadi di Samudera India pada tahun 2004 yang menelan korban hingga 240 ribu nyawa.

Website tersebut berisi petunjuk dan cara untuk mempersiapkan diri dari tsunami, serta bagaimana orang harus merespon saat ombak ini mendekat dan apa yang harus dilakukan setelah itu.

Situs tersebut dapat diakses di http://www.whoi.edu/home/interactive/tsunami.%5Bito%5D

0 Responses to “Situs Tunjukkan Cara Hindari Tsunami”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS turindra

  • Efek Anak Sekolah Terlalu Dini
    Selama mengajar di sekolah Alam Bekasi saya menemukan berbagai macam tipe anak, ada anak yang aktif, pendiam, atau yang biasa saja. Namun kadangkala saya berfikir juga tentang riwayat pendidikan si anak di keluarganya apakah dia pernah di porsir atau memang baru pertama kai sekolah, iseng-iseng saya baca tulisan dan sepertinya tulisan ini bisa jadi referensi […]
    Azis Turindra
  • Sebuah Renungan tentang kecerdasan
    Dipapan tulis, saya menggambar sebatang pohon kelapa tanpa pemilik ditepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya. Kemudian saya bercerita tentang 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. Anak ke 1 : dengan cekatan dia mengambil secarik kertas, membuat bidang segi tiga, menentukan sudut, mengira berat kelapa, […]
    Azis Turindra
  • Sekolah Alam Turindra Nusantara (SATURNUS)
    Sekolah Alam Turindra Nusantara disingkat SATURNUS merupakan pengembangan dari metode sekolah alam yang dicetuskan oleh Lendo Novo pada tahun 1998. Sekolah ini memiliki visi 4 pilar yaitu ketaqwaan, kepemimpinan, entreprenuer dan keilmuan. Adapun misi dari SATURNUS adalah sebagai berikut 1. Membentuk ketaqwaan melalui lingkungan dan kebiasaan beribadah serta […]
    Azis Turindra

%d blogger menyukai ini: